jump to navigation

Modifikasi CRF150L Supermoto 9 January 2018

Posted by The Wheels of Life in motor, Otomotif.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Pemilik CRF150L pasti banyak yang gatel tangannya untuk memodifikasi menjadi supermoto. Beberapa ada yang sudah mengaplikasikan modifikasi velg menjadi 17 inchi dengan menggunakan teromol asli. Tetapi kekurangan memodifikasi menggunakan teromol asli mempunyai kendala pada jumlah lubang jari-jari, karena lubang jari-jari pada teromol belakang CRF150L hanya mempunyai 32 lubang, sedangkan dipasaran velg banyak 36 lubang. Alhasil kalau dipaksakan akan menyisakan 4 lubang, itupun harus tukang stel velg yang ahli untuk mengakali lubang yang mana yang tidak dipakai.

Bagi yang ingin memodifikasi CRF150L menjadi supermoto ada cara lain selain merubah velg asli, yaitu menggunakan teromol milik KLX150. Dengan menggunakan teromol KLX150, velg set asli masih bisa dipakai kalau ingin trabasan. Dengan teromol KLX tentunya sudah banyak lingkar velg yang sama jumlah lubang jari-jarinya. Tinggal pilih 28 atau 36. Berikut video modifikasi CRF150L Supermoto menggunakan teromol KLX150

Penggunaan tromol KLX150 pada CRF150L pada bagian depan dipadu dengan lingkar velg 17 inchi dengan lebar 300. Dipasangkan ban lebar 120 masih pas dengan lebar suspensi Upside down depan. Penggunaan piringan atau cakram KLX150 pas dengan CRF150L karena diameternya sama-sama 240mm. Kemudian as roda depan diganti dengan diameter 12mm dengan panjang mengikuti panjang as roda CRF. Kemudian setting bushing supaya roda center.

Untuk bagian belakang, tromol KLX dipadu dengan velg 17 inchi dengan lebar 350. Untuk ban belakang bisa menggunakan ban dengan lebar maksimum 160, dengan syarat menambah spacer gear belakang dan melepas atau mencoak tutup rantai. Kalau mau main aman gunakan ban yang lebarnya 140 atau 150. Gear belakang gunakan milik KLX, tinggal pilih gunakan sesuai yang asli 49 mata atau turun 3 mata alias gunakan 46 mata karena lingkar roda makin mengecil dari 18 inchi menjadi 17 inchi. Kemudian cakram belakang gunakan milik new Dtracker karena diameternya 220mm sama dengan CRF150L. Kalau susah didapat, bisa menggunakan cakram variasi matic dengan lebar 220mm, tapi harus dibantu oleh tukang bubut tentunya. Untuk as roda gunakan dengan diameter 15mm dengan panjang mengikuti as roda CRF150L, kemudian atur bushing supaya pas.

Setelah diubah menjadi supermoto, CRF150L menjadi lebih guanteng poll. Dipakai harian lebih enak. Gak percaya ? Cobain deh……..

Advertisements

Comments»

1. Ruli90 - 1 February 2018

Keren bro..

2. insan permana - 14 May 2018

as roda depan belakang pake apa bro?

The Wheels of Life - 20 May 2018

Cari aja di Tukang baut. Untuk depan as roda KLX diameter 12mm, belakang 15mm. Untuk panjangnya ikutin panjang as roda CRF.

3. Ama - 14 July 2018

Om roda blakangx gak center….mohon pencerahan🙇‍♂️


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: